USK Bantu Nelayan Krueng Raya dengan Teknologi Solar Dryer dan Mobiler Pemasaran
USK Bantu Nelayan Krueng Raya dengan Teknologi Solar Dryer dan Mobiler Pemasaran

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Dosen Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa perbaikan sistem produksi ikan kering dengan menerapkan teknologi pengeringan solar dryer Greenhouse (SDS) dan transportasi pemasaran secara mobiler di daerah Krueng Raya, Aceh Besar.

Ketua Pelaksana kegiatan, Dr Agus Arif Munawar STP MSc, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi dan teknik pemasaran ikan asin di daerah tersebut.

“Selama ini masyarakat setempat secara turun menurun melakukan proses pengeringan ikan secara konvensional menggunakan panas terik matahari dengan menjemurnya di atas para-para. Hal tersebut membuka peluang kontaminasi yang tinggi oleh benda asing sehingga menurunkan kualitas produk,” ujar Agus.

“Selain itu proses pengeringan juga berlangsung lebih lama karena sangat bergantung kepada intensitas matahari. Oleh sebab itu kami coba menawarkan kepada masyarakat untuk menerapkan teknologi pengeringan solar dryer Greenhouse (SDS),” tambah Agus.

Teknologi solar dryer Greenhouse (SDS) merupakan teknologi pengeringan ikan yang memanfaatkan energi matahari dengan cara memanaskan udara di dalam rumah kaca. Teknologi ini dapat menghasilkan ikan asin yang berkualitas tinggi karena terhindar dari kontaminasi dan proses pengeringan yang lebih cepat.

Selain itu, USK juga memberikan bantuan alat transportasi pemasaran secara mobile berupa becak mesin yang dilengkapi rak, gantungan ikan, dengan rancangan yang ergonomis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya jual dan memudahkan nelayan dalam melakukan pemasaran antar satu lokasi pasar dengan lokasi pasar lainnya.

Salah satu penerima manfaat dari kegiatan ini, Maulizar, mengaku sangat terbantu oleh program yang dijalankan oleh para Dosen USK tersebut. Ia berharap peran akademisi tersebut tidak terhenti sampai disini.

“Kami berharap untuk terus dibina dan didampingi agar kami selalu mendapat perbaikan teknologi yang semakin meningkatkan hasil produk kami,” pinta Maulizar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk komitmen USK untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dosen USK yang terlibat dengan kegiatan pengabdian tersebut adalah Dr Agus Arif Munawar STP MSc (Teknik Pertanian) Dr Zalniati Fonna Rozali STP MSi (Teknologi Hasil Pertanian) Dr Muhammad Abrar SE MSi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Tim tersebut turut diperkuat oleh Tim Pusmeptan yang terdiri dari: Dr Devianti STP MP Dr Ramayanty Bulan ST MSc Dr Agus Arip Munawar STP MSc Dr Andriani Lubis STP MSi Dr Ratna STP MT Dr Mechram STP MSc Dr Ir Syahrul MSc Dr Safrizal ST MSi Dr Muhammad Yasar STP MSc Dr Hendri Syah STP MSi dan Bambang Sukarno Putra STP MSi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *